Skip to main content
Blogs Goblog

follow us

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pabrik/Bloatware Di Android Root Dan Noroot

Cara Mudah Menghilangkan Aplikasi Bawaan di Semua Android Root dan noRoot - Aplikasi bawaan atau aplikasi bloatware android adalah software yang sudah ada secara default dari saat pembuatan pertama kali dari pabriknya, aplikasi yang sudah dipasang si pembuat atau dari pabrik android tersebut dan merupakan aplikasi sistem yang tidak bisa langsung di hapus seperti aplikasi yang diinsatal dari playstore.

Alasan seorang ingin menghapus aplikasi bawaan pabrik biasanya karena aplikasi tersebut tidak diperlukan dan terlalu memakan kapasitas memori internal.Tentu saja hal tersebut sering terjadi lantaran tidak sedikit dari kita beranggapan bahwa mengapa sudah ada aplikasi yang terinstall dan kita tidak membutuhkanya, nah dengan alasan diatas tadi maka kita perlu menghapus aplikasi tersebut. Dalam menghapus aplikasi android anda dapat menggunakan dua cara, yaitu dengan cara Android Root dan Android nonRoot.

Untuk cara yang pertama dengan cara android yang sudah teroot, dengan adanya akses root di android anda, maka anda dapat bebas memaksimalkan akses utama terhadap android tersebut. Jadi anda dapat menambahkan, menghapus dan merubah data secara keseluruhan tanpa dibatasi apapun oleh system. Namun untuk dapat menghapus aplikasi bawaan dengan root anda perlu berhati hati, karena jika salah maka akan fatal akibatnya.tapi cara ini lebih efektif daripada android yang belum teroot.
dan cara kedua tidak menggunakan akses root, yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga, dengan cara ini mungkin lebih mudah dan simpel, tapi dengan cara ini masih kurang efektif ketimbang cara android yang sudah diroot.

Android Rooted
Menggunakan aplikasi Root expolorer, pasti jika anda seorang opreaker pasti tau fungsi aplikasi ini kan, aplikasi yang bisa untuk mengedit atau mengubah atau mengganti suatu aplikasi atau software langsung masuk didalam system mendasar dari system android yang digunakan. jika anda belum punya aplikasinya anda bisa langsung download disini, berhubung aplikasi ini berbayar di playstore jadi silahkan download dibawah ini gratis.

Cara Menggunakan Aplikasi rootex
  • Download Aplikasi Root Explorer
  • Jika sudah didownload sekarang instal dan buka aplikasinya,
  • Kemudian silahkan anda cari folder System > App. sekarang anda Rubah permisionya Mount R/W menjadi R/O dengan cara mengklik R/W yang berada diatas sebelah kanan. lihat gambar dibawah ini.


  • Sekarang silahkan anda cari aplikasi yang sekiranya ingin anda hapus, untuk android samsung atau yang aplikasinya berada di dalam folder, sebelum mengahapus aplikasi apapun itu alangkah baiknya anda masuk ke folder aplikasi tersebut dan memastikan memang aplikasi itu yang ingin anda hapus, jika tidak ada didalam folder silahkan hapus aja langsung yang penting itu menurut anda tidak penting. 
  • Caranya Klik dan tahan di aplikasi tersebut setelah muncul pilihan,klik delete. 
  • Aplikasi sudah terhapus.Klik tombol kembali
  • Jika di homepage aplikasi tersebut masih terpasang silahkan anda reboot hh, 
  • Setelah habis direboot sekarang hapus manual atau uninstal seperti aplikasi biasanya. 
Selesai aplikasi sudah terhapus, sebernanya masih banyak lagi aplikasi yang bisa untuk menghapus aplikasi system atau bawaan di hh yang sudah berstatus rooted, seperti aplikasi link2sd, zarchiver, dan aplikasi module module yang ada di xposed instaler dan masih banyak lagi di google aplikasi untuk menghapus aplikasi android untuk hh yang diroot, tapi saya rasa aplikasi Root exploler ini sudah sangat cukup untuk hh yang di root.jika anda belum paham jelas dengan tutorial ini untuk lebih jelas caranya bisa anda baca disini beserta dengan gambar. cara menghapus aplikasi bawaan dengan aplikasi Rootex.

Android NonRoot
Bagi anda yang hh nya belu diroot bisa dengan cara ini, dan Cara ini terbilang cara aman dan tidak memiliki resiko yang fatal, selain itu anda dapat melakukanya dengan mudah. yaitu menggunakan aplikasi System App Remover

Cara Menggunakan Aplikasi System App Remover
  • Pertama anda download aplikasi System App Remover NoRoot
  • Setelah itu anda install aplikasi tersebut di ponsel android anda, untuk ukuran aplikasi ini cukup ringan ya sob hanya 20MB saja.
  • Kemudian buka aplikasi app remover tadi dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut benar benar terbuka.
  • Selanjutnya anda tinggal memiliki aplikasi yang ingin anda hapus, nah jika anda ingin menghapus aplikasi bawaan android. Maka anda akan menemukan peringatan “Remove this application cam amke your phone not perfectly. Do you want to remove this application?”. Itu artinya “hapus aplikasi ini dapat membuat ponsel Anda tidak berfungsi sempurna. Apakah Anda ingin menghapus aplikasi ini?” dan anda tinggal klik Uninstall atau Ok untuk melanjutkanya
  • Tunggu beberapa saat dan aplikasi bawaan tersebut sudah berhasil dihapus. sebernanya masih banyak lagi aplikasi yang lainya tapi belum tentu aplikasi nya work di hh yang belum berstatus rooted.
Sekian postingan saya tentang Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pabrik/Bloatware Di Android Root Dan Noroot semoga postingan ini bisa bermanfaat ^_^.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar