Skip to main content
Blogs Goblog

follow us

7 Aplikasi Google untuk Belajar dan Kerja dari Rumah, Mudah tanpa Ribet!

BLOGSGOBLOG.COM | Aplikasi Google untuk Belajar dan Kerja di Rumah - Merebaknya virus Covid-19 atau yang biasa disebut Virus Corona akhir-akhir ini memang membuat banyak perusahaan dan instansi pendidikan terpaksa menerapkan kebijakan Work From Home (WFH).

Dalam arti semua pekerjaan dan aktivitas pembelajaran dilkasanakan dari rumah demi mengurangi interaksi sosial dan fisik antar manusia yang jadi pemicu merebaknya penularan virus Corona ini.
Baca Juga : Aplikasi Live Streaming Bola Online Gratis Terbaik
Nah, banyak beragam aplikasi dan produk online yang dapat membantu kegiatan WFH pun bermunculan dan berlomba-lomba memberikan pelayananym yang terbaik bagi para pemakainya.

Disini Google pun tak mau kalah, Perusahaan teknologi terbesar di dunia ini menawarkan sederet produk unggulan untuk membantu mempermudah kegiatan WFH kalian.

Google membuat beragam produk unggulannya untuk membantu kalian agar tetap bisa bekerja maupun belajar di rumah. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Produk Google untuk Kerja dan Belajar di Rumah

Google selalu berinovasi untuk memberikan kemudahan, terutama bagi penggunanya saat melakukan aktifitas di aplikasi besutan nya.

Salah satunya melalui berbagai macam aplikasi buatan Google yang akan membantu kalian dalam bekerja mauoun belajar di manapun, termasuk di dalam rumah. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

1. Google Drive
Pasti kalian familiar sudah tidak merasa asing lagi jika mendengar aplikasi yang satu ini, Yaps, Google Drive merupakan layanan penyimpanan online (cloud) milik Google sendiri.

Sejak diluncurkannya pada tahun 2012, Google Drive telah menjadi tempat penyimpanan online utama di berbagai perusahaan dan instansi pendidikan.

Fitur sharing folder yang disediakan aplikasi ini memudahkan para karyawan ataupun para tenaga pendidik untuk share dokumen dan file kepada koleganya maupun para siswa tanpa harus ribet-ribet mengirimnya satu-satu via email.

2. Hangouts Meet
Nah, kalau aplikasi yang satu ini sudah biasa dipakai oleh perusahaan untuk saling melakukan video conference antar tempat yang jauh atau berbeda tempat. Jadi, tidak perlu adanya pertemuan fisik secara langsung.

Selain perusahaan, sekolahan juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah. Kerennya, Hangouts Meet dapat digunakan untuk menggelar pertemuan besar hingga samapai 250 peserta per kelasnya.

Nah, untuk memaksimalkan pelayanannya, Google sendiri menggratiskan fitur Hangouts Meet secara free sampai 1 Juli 2020. kalian bisa melakukann kegiatan live streaming hingga sampai 100.000 penonton dalam sebuah domain.

3. Google Classroom
Aplikasi kelas online yang disediakan Google ini memang sangatlah membantu para siswa maupun mahasiswa dalam proses pembelajaran. Aplikasi ini Terintegrasi dengan fitur Google lainnya, jadi kalian dapat belajar dengan lancar dan juga mudah.

Saat aplikasi dibuka, pengguna akan memilih satu peran di antara pengajar atau murid. Nah, nantinya untuk mengakses kelas, murid harus mengetahui kode kelas yang sudah atau trlah dibuat oleh pengajarnya.

Di Google Classroom tersedia juga halaman tugas untuk para murid. Kerennya lagi aplikasi ini sepenuhnya menggunakan akun Google, bentuk tugas beserta deadlinenya juga bisa dicatatkan ke Google Calendar.

4. Google Docs, Sheets, and Slides
Bagi para pengguna setia produk dari Google, pastinya sudah tidak asing dengan ke3 fitur ini, kan? Gabungan G Suite buatan Google, ketiganya ini dirancang sebagai saingan dari Microsoft.

Yang menjadi keunggulan dari ketiga aplikasi ini, kalian tidak butuh menekan tombol Save setiap kali akan menyelesaikan tugas. Karena aplikasi tersebut akan secara otomatis melakukan penyimpanan setiap kali kalian selesai membuat perubahan pada suatu dokumen.

Selain itu, dokumen yang kalian buat juga akan otomatis tersimpan di Google Drive. Ingin membagikan kepada orang lain? Gampang! Kalian tinggal menyalin link dokumen dan membagikannya kepada orang yang kalian tuju.

5. Google Form
Google Forms, Sebenarnya aplikasi yang satu masih termasuk ke dalam G Suite bersama dengan beberapa aplikasi lain-nya, seperti Google Documents, Google Sheets, dan juga Google Slides.

Aplikasi ini sering digunakan untuk membuat tugas survei dalam pekerjaan maupun kuliah, khususnya untuk artikel penelitian ataupun skripsi. Tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk pendaftaran online acara atauoun sebuah seminar.

Kelebihan dari Google Form ini yaitu mampu mengolah ratusan data yang sudah atau telah terinput menjadi sebuah diagram ilmiah dengan sangat mudah. Hasil data ini yang akan dapat dimanfaatkan penggunanya untuk keperluan ilmiah maupun suatu bisnis.

6. Google Duo
Kalau aplikasi Google Duo ini sebenarnya mirip dengan Hangouts Meet, yaitu sama-sama merupakan produk yang menonjolkan fitur video call sebagai fitur utamanya, dan lengkap dengan keunggulannya masing-masing.

Yang menjadi pembeda yaitu Google Duo hanya mempunyai fitur yang berfokus ke panggilan video antar pengguna secara privasi alias berdua saja. dalam arti luas, Aplikasi ini tidak support multi video call lebih dari dua orang.

Maka dari itu, aplikasi ini akan lebih cocok jika dipakai karyawan yang akan melakukan video call dengan klien atau bos, demikian juga dengan guru atau dosen yang akan melakukan ujian lisan secara online kepada murid atau siswanya secara privasi.

7. Google Calendar
Siapa yang tidak tau aplikasi Google yang satu ini, Tidak hanya digunakan untuk keperluan agenda pribadi, Google Calendar juga dapat dipakai secara maksimal untuk keperluan WFH juga.

Karena Google Calendar terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya yang dipakai untuk WFH, seperti Google Classroom dan juga Hangouts Meet. Dari sinilah, jadwal tugas dan juga deadline dapat dicantumkan di Google Calendar.

Di Google Calendar juga kalian bisa menentukan siapa saja yang akan memperoleh pengingat di jam yang sama. Cara ini akan sangat membantu produktivitas team atau kelas karena harus bekerja dari rumah.

Penutup

Itulah tadi beberapa produk Google untuk kerja dan belajar di rumah. Aplikasi mana saja yang sudah kalian pakai di kantor, sekolah, atau kampus?

Mungkin hanya itu saja untuk artikel kali ini tentang Aplikasi Google untuk Belajar dan Kerja dari Rumah. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar